Selasa, 14 Mei 2024

INFORMASI :

SUGENG RAWUH DI WEBSITE DESA CANDIWULAN KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. PELAYANAN BALAI DESA CANDIWULAN SENIN - KAMIS JAM 07.30-15.30 WIB DAN KHUSUS JUMAT PUKUL 07.30-11.00 WIB.

APA ITU APLIKASI ELSIMIL

APA ITU APLIKASI ELSIMIL

APA ITU APLIKASI ELSIMIL

Aplikasi Elsimil adalah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya menekan kasus stunting.

Aplikasi yang dirancang khusus untuk calon pengantin, ibu hamil, dan ibu yang sudah melahirkan. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan edukasi seputar kesehatan reproduksi, kesiapan kehamilan, kesiapan pra nikah, hingga kontrasepsi.

Aplikasi berisi data calon pengantin dari Puskesmas setempat, antara lain lingkar lengan atas perempuan, usia, dan kadar hemoglobin. 

Fungsi dari aplikasi ini adalah :

  • Sebagai alat screening untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin.

  • Menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping.

  • Media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil, khususnya yang berkaitan dengan faktor risiko stunting

  • Memantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatment peningkatan status gizi untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Cara Menggunakan Aplikasi Elsimil :

Sebelum menggunakan aplikasi elsimil, pastikan calon pengguna telah mengunduh aplikasi Elsimil di Google Play Store atau App Store. Setelah aplikasi terpasang di HP, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Daftar akun = Buka aplikasi Elsimil yang sudah di-install, lalu klik ‘Registrasi’ dan ikuti langkah registrasi.

2. Isi data = Masukkan data seperti nomor KTP, foto KTP, alamat, kata sandi, dan sebagainya.

3. Isi kuesioner = Pada menu kuesioner, pilih modul kuesioner yang ingin diikuti. Klik modul yang tersedia, pilih ‘Mulai Kuesioner’. Lalu, isi kuesioner tersebut hingga selesai.

4. Melihat hasil penilaian kuesioner

Setelah kuesioner sudah diisi secara lengkap, pengguna perlu menunggu hingga Tim Pendamping Keluarga menyelesaikan proses penilaian. Jika hasil kuesioner berwarna hijau, artinya kedua calon pengantin tidak berisiko stunting, sedangkan jika hasil kuesioner berwarna merah berarti kondisi keduanya tidak ideal dan berisiko stunting.

Bagi calon pengantin yang mendapatkan hasil kuesioner hijau dapat melanjutkan proses dengan mengunduh sertifikat. Namun, untuk calon pengantin dengan hasil kuesioner merah harus melakukan pendampingan dari Tim Pendamping keluarga. Pendampingan dapat dilaksanakan secara langsung dan tidak langsung.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Lembaga Desa

Statistik Pengunjung