Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

SUGENG RAWUH DI WEBSITE DESA CANDIWULAN KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. PELAYANAN BALAI DESA CANDIWULAN SENIN - KAMIS JAM 07.30-15.30 WIB DAN KHUSUS JUMAT PUKUL 07.30-11.00 WIB.

BANK SAMPAH MANFANGATI

BANK SAMPAH MANFANGATI

Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang dapat diolah kembali atau dijual kembali. Sampah-sampah tersebut akan diolah kembali atau dijual kepada pengepul sampah.

Bank sampah dikelola petugas sukarelawan dengan sistem yang hampir mirip dengan perbankan. Penyetor nantinya akan mendapatkan buku tabungan seperti halnya ketika menabung di bank dan hasil penyetoran akan dicatat ke dalam buku tabungan tersebut.

Desa Candiwulan mulai tahun ini (2022) mulai merintis bank sampah. Bank sampah ini dinaungi oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Candiwulan.

Sejenis dengan bank sampah lainnya, masyarakat dituntut untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan petugas dan pengepul dalam menilai harga sampah yang dapat dijual kembali. Pemilahan sampah dilakukan secara pribadi oleh masing-masing rumah tangga.

Pada hari menabung sampah pengepul akan datang ke tempat menabung untuk mengambil sampah yang dapat dijual kembali. Pengepul akan melakukan penimbangan sampah sesuai dengan jenisnya.

Petugas akan mencatat hasil penimbangan beserta harganya dalam buku tabungan bank sampah masing-masing rumah tangga. Pada hari yang sama pengepul akan langsung membayarkan hasil pengumpulan sampah tersebut.

Setiap rumah tangga tidak dapat langsung mengambil uang hasil penjualan sampah melainkan harus ditabung dan akan disimpan oleh petugas. Tabungan tersebut akan dibagikan saat menjelang lebaran dengan ditukarkan dengan bingkisan lebaran. Dengan adanya bank sampah ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menangani sampah rumah tangga.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter