Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

SUGENG RAWUH DI WEBSITE DESA CANDIWULAN KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. PELAYANAN BALAI DESA CANDIWULAN SENIN - KAMIS JAM 07.30-15.30 WIB DAN KHUSUS JUMAT PUKUL 07.30-11.00 WIB.

BALITA CANDIWULAN MELAKSANAKAN IMUNISASI MANTOUX DI PUSKESMAS ADIMULYO

BALITA CANDIWULAN MELAKSANAKAN IMUNISASI MANTOUX DI PUSKESMAS ADIMULYO

BALITA CANDIWULAN MELAKSANAKAN IMUNISASI MANTOUX DI PUSKESMAS ADIMULYO

Berita Desa Candiwulan-Tes mantoux dilakukan dengan cara menyuntikkan sejumlah zat kecil cairan yang disebut dengan PPD tuberculin pada kulit lengan. Pasca penyuntikan, biasanya akan terbentuk benjolan kecil di permukaan kulit.

Dokter akan memberi tanda batas awal di sekeliling benjolan tersebut menggunakan spidol agar dapat diketahui apabila terjadi perubahan ukuran benjolan. Dalam waktu 48–72 jam setelah tes Mantoux dilakukan, dokter akan memeriksa kembali benjolan yang terbentuk untuk melihat adanya perubahan.

Jika benjolan tidak membesar, dapat disimpulkan bahwa hasil tes Mantoux negatif atau pasien tidak terpapar kuman TB. Sementara, hasil tes positif ditandai dengan penambahan ukuran benjolan, biasanya sekitar 5–10 mm dan terlihat adanya peradangan.

Hasil tes Mantoux positif artinya seseorang sedang atau sudah pernah terpapar kuman TB. Namun, hasil tes ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah terdapat infeksi TB.

Desa Candiwulan ada 2 balita yang mengikuti tes mantoux di Puskesmas Adimulyo, hari Senin (21/11/2022) 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter