Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

SUGENG RAWUH DI WEBSITE DESA CANDIWULAN KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. PELAYANAN BALAI DESA CANDIWULAN SENIN - KAMIS JAM 07.30-15.30 WIB DAN KHUSUS JUMAT PUKUL 07.30-11.00 WIB.

ADAT ISTIADAT DESA CANDIWULAN

ADAT ISTIADAT DESA CANDIWULAN

Adat istiadat yang ada di Desa Candiwulan

a. Unggah-unggahan

Sebuah tradisi yang melekat di masyarakat pedesaan, khusunya di Desa Candiwulan. Tradisi unggah-unggahan ini dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadhan. Unggah-unggahan sendiri memiliki makna munggah (naik) yang dapat diartikan bahwa di bulan Suci Ramdahan derajat manusia akan meningkat bagi yang menjalankan ibadah puasa, sehingga dari acara unggah-unggahan selain bertujuan mengingatkan keimanan warga akan datangnya bulan puasa serta untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

b. Merdi Desa

Merdi desa atau masyarakat sering menyebutnya dengan suran yakni tradisi yang dilakukan saat masuknya Bulan Muharram atau Tahun Baru Islam. Tradisi ini biasanya digelar kenduri dimasing masing wilayah. Para warga membawa makanan lengkap dengan lauk dan uborampe untuk didoakan bersama dan kemudian dimakan bersama.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter