Selasa, 14 Mei 2024

INFORMASI :

SUGENG RAWUH DI WEBSITE DESA CANDIWULAN KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH. PELAYANAN BALAI DESA CANDIWULAN SENIN - KAMIS JAM 07.30-15.30 WIB DAN KHUSUS JUMAT PUKUL 07.30-11.00 WIB.

WARGA DESA CANDIWULAN MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN BUAH ANGGUR DI TANAH PEKARANGAN

WARGA DESA CANDIWULAN MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN BUAH ANGGUR DI TANAH PEKARANGAN

Salah satu warga (Barokah) Dukuh Klapasawit Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen sukses membudidayakan tanaman anggur impor varietas Jupiter.

Dimasa pandemi, Bapak Barokah yang juga menjabat sebagai Perangkat Desa Candiwulan, selain pekerjaan utamanya di desa bersama sang istri tercintanya menjual beragam tanaman hias, juga membudidayakan tanaman buah anggur di pekarangan rumah.

Meskipun plembudidayaan ini dilakukan secara otodidak dan ilmu pertanian yang menurun dari sang Ayah sebagai petani, kini ia menjadi inspirasi warga Dukuh Kesongging yang memilih menekuni budidaya anggur di halaman rumah dan samping rumah secara optimal.

Bapak Sukamso warga Dukuh Kesongging Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen juga terinspirasi untuk membudidayakan tanaman buah anggur Ninel di depan rumahnya. Pembudidayaan tanaman anggur milik Bapak Sukamso dilakukan secara otodidak dan belajar dari youtube saja.

Dari keberhasilan Bapak Barokah (45) dan Bapak Sukamso (49) juga menjadi motivasi warga di Dukuh Kesongging Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Adapun beberapa warga yang melakukan study banding di Yogyakarta dengan jenis anggur Ninel. Dan membeli bibitan tanaman anggur varietas ninel ini dengan harga 150 ribu per batangnya.

Kini Bapak Sukamso (49) telah membudidayakan  lebih dari 5 varietas tanaman anggur dibudidayakan diantaranya jenis anggur dengan nama secara pasaran disebut anggur Julian, Jupiter, Ninel, Akademik, Harold,dll.

Bapak Barokah(45) mengawali budidaya sejak tahun 2019, Bapak Sukamso(49) sejak tahun 2020 dan diikuti oleh warga Desa Candiwulan untuk membudidayakan tanaman anggur itu. Meski belum panen sekalipun namun sudah bisa menghasilkan uang dengan menjual bibit anggur dari harga 75-150 ribuan per batang. 

Dimasa pandemi dengan budidaya tanaman anggur dengan kebutuhan pasar soal buah anggur dan juga bibit permintaan pasar cukup tinggi dan belum bisa tercukupi dan tentunya menjadi sangat menjanjikan sebagai peluang usaha warga di Desa Candiwulan pada umumnya.

Pemerintah Desa Candiwlan juga pernah mendatangi Kampung Anggur di Desa Tresnorejo Kecamatan Petanahan untuk keperluan sudy banding/pelatihan budidaya anggur. Dari Pemerintahan Desa Candiwulan pun menjadi tertarik untuk mengembangkan pertanian tanaman anggur di lahan kosong area kantor Pemerintah Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen.

Kedepannya Pemerintah Desa Candiwulan juga berencana untuk membuat Kampung anggur guna mengembalikan roda perekonomian warga. Dengan situasi pandemi, yang mengharuskan usaha lebih banyak digerakkan dalam ruangan atau kebun buatan, selain mudah, hasil yang didapatkan cukup menjanjikan dan besar.

Pemerintah Desa Candiwulan menanam beberapa tanaman buah anggur di depan ruang kerja Kepala Desa Candiwulan, samping serta belakang gedung BUM Desa.  

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Potensi & Perkembagan Desa

Statistik Pengunjung